feedburner Free Web Hosting with Website Builder

Menjadi Web Designer

Label:

Ok..temen2..
kali ne aku ingin membahas tentang Web Design..?
Siapa sih yang gak tau website.. Website tu merupakan media yang paling mudah dan cepat dalam mempublikasikan organisasi, pribadi dan perusahaan (profile juga boleh). Media ini menjadi sangat favourite saat ini karena dengan cepat akan menjadi berguna ataupun malah sebaliknya.*tau kan maksudnya*

Dalam membuat website dibutuhkan beberapa pengetahuan/keterampilan standar (lebih juga boleh kok) sehingga website yang dihasilkan dapat menarik para pengunjung. Coret-coretan aku ini sebagai dasar bagi pemula (temen2 yang belum punya website sendiri) untuk berani memulai membangun website dan memulai memasuki cakrawala baru (**Ciee..) yang dapat meningkatkan ketrampilan temen2.. Dari pada cuma liat-liat website orang laen, mending kita buat website sendiri..
kita juga bisa menghasilkan uang lho lewat website..!!!
(siapa sih yang gak mau dikasih uang..)


Untuk memulainya, kamu harus mengetahui dan menguasai beberapa pengetahuan/software diantaranya: (**serius..)

1. Perencanaan website

Proses ini merupakan awal dalam merencanakan halaman web dan seluruh web. Dimulai dengan mengumpulkan seluruh data dan informasi kemudian hasil akhirnya adalah sebuah “sitemap” lalu dimulai dengan merancang tata letak (layout) halaman, biasanya dilakukan mendesain tata letak halaman depan dan halaman kedua.
Dalam mendesain halaman ini beberapa komponen penting biasanya masuk adalah navigasi, content, rencana letak image, copyright (bagian footer)tau kan..!!
Software yang biasa digunakan adalah:Microsoft Visio atau ConceptDraw.

2. Desain Halaman Web Dasar

Berdasarkan hal diatas selanjutnya kita mulai melakukan desain web dengan menterjemahkan perencanaan ke dalam software desain, keahlian yang mesti diperdalam adalah typografi (kemampuan memilih font yang tepat), tata letak halaman (menguasai kemampuan membagi ruang halaman), pewarnaan (menguasai konsep warna dan pemilihan warna berdasarkan warna perusahaan dan teori pencampuran warna). Software yang digunakan salah satunya Adobe Photoshop, dengan mempelajari pembuatan tombol/navigasi, background, bekerja dengan teks, manipulasi gambar/image, dan khususnya memperdalam teknik-teknik desain website. Banyak sekali resource gratis yang bisa kamu temukan di website khususnya belajar photoshop untuk website, langsung aja kita melangkah ke TKP(maksudnya ketikkan di mbah google) “tutorial photoshop for web”.

3. Desain Halaman Web Lanjutan

Untuk meletakkan halaman web hasil desain photoshop di atas, diperlukan mengubah halaman web ke dalam bentuk HTML, dan diperlukan sebuah software yakni salah satunya Adobe Dreamweaver.
Dreamweaver ini yang membantu pengaturan halaman-halaman desain diubah ke HTML. Selain Dreamweaver banyak software sejenis lainnya seperti Microsoft Frontpage. Seperti juga Photoshop untuk mempelajari Dreamweaver tersedia banyak sekali tutorial gratis. Jika anda ingin cepat mudah silahkan saja mencari buku tentang Dreamwever ini toko buku.
Tapi aku saranin cari di mbah google aja sama kayak yang di atas.. Biar hemat biaya gitu.

4. Membuat Video, Flash, Shockwave dan Audio

Nah, yang ini lebih sulit lagi..hhuu,,
Saat ini banyak sekali software yang digunakan untuk membuat video, flash, shocwave dan audio yang bertujuan untuk membuat website kelihatan lebih apik dan powerful. Gabungan beberapa komponen ini aku sebut dengan animasi web (gak apa2 kan)biar keren gitu..
Dan diperlukan rencana detail agar animasi yang dibuat tepat sasaran dan sesuai dengan isi website. Sedangkan untuk pemilihan software tergantung pada tingkat kerumitan animasi web, untuk saat ini yang sering digunakan adalah Adobe Flash.

Yah.. udah habis penjelasannya.
sebetulnya masih banyak kebutuhan dasar keahlian/keterampilan yang mesti dimiliki untuk menjadi designer web ( banyak juga yang nyebut webmaster).
Aku juga barusan nemuin file yang berkaitan dengan bahasan kita..
Silahkan download artikel lengkap (pdf):

Pengetahuan dasar untuk menjadi Web Designer

Tapi jika temen2 harus banyak latihan-latihan dan beranikan diri untuk mendapatkan project-project riil dalam membangun website.

Selamat mencoba.


1 komentar:
gravatar
Awalsan mengatakan...
Senin, November 17, 2008 6:22:00 PM  

wah kebetulan banget nih butuh tuh pengetahuan tentang Web design..


saya track linknya ^^

Posting Komentar